AGENDA KEGIATAN

  AGUSTUS 2018  
M S S R K J S
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
- Klik pada tanggal yang terdapat event

STATISTIK PENGUNJUNG

Hari ini 75
Minggu ini 301
Bulan ini 2953
Total Pengunjung 30940
Pengunjung Online 4

BANTUAN ONLINE

MUJIYANTO, M.Pd.
SRI MULYANI, A.Md.

OFFICIAL TWITTER

Palembang - Senin, 16 April 2018

4 KEMAMPUAN DASAR GURU PROFESIONAL - HERU ARIANDO, S.Pd.

Dibaca : 1 Pengunjung

secara sederhana dapat diungkapkan bahwa guru profesional adalah guru yang mampu menjalankan tugas dan fungsinya menurut kriteria tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Menurut UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, ada 4 kompetensi (kemampuan) dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional dalam pendidikan.
 
Empat kemampuan dasar dimaksud adalah kemampuan profesional, pedagogik, sosial, dan kemampuan kepribadian. Berikut akan diuraikan sebagai berikut;
 
1.Kemampuan profesional.
Kompetensi profesional adalah kemampuan seorang guru dalam mengelola pembelajaran. Kemampuan mengelola pembelajaran didukung oleh penguasaan materi pelajaran, pengelolaan kelas, strategi mengajar maupun metode mengajar, dan penggunaan media belajar.
 
2.Kemampuan pedagogik.
Kompetensi pedagogik berkaitan erat dengan kemampuan guru dalam memahami dinamika proses pembelajaran. Pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas bersifat dinamis. Terjadi karena interaksi atau hubungan komunikasi timbal balik antara guru dengan siswa, siswa dengan temannya dan siswa dengan sumber belajar.
 
Dinamisasi pembelajaran terjadi karena dalam satu kelas dihuni oleh multi-karakter dan multi-potensi. Heterogenitas siswa dalam kelas akan memerlukan keterampilan guru dalam mendisain program pembelajaran.
 
3.Kompetensi sosial.
Kompetensi sosial adalah kemampuan guru untuk berinteraksi dan berkomunikasi sosial yang baik dengan warga sekolah maupun warga dimana guru berada. Kemampuan sosial ini dapat dilihat melalui pergaulan sosial guru dengan siswa, rekan sesama guru maupun dengan masyarakat dimana ia berada.
 
4.Kompetensi kepribadian.
Dalam menjalankan tugas dan fungsi keguruannya, seorang guru harus menunjukkan sikap dan kepribadian yang baik. Guru yang patut digugu dan ditiru merupakan filosofi yang menunjukkan kemampuan kepribadian. Digugu karena guru diyakini mempunyai ilmu yang bermanfaat bagi kemaslahatan hidup siswanya. Guru ditiru karena pada diri guru terdapat sikap dan pribadi yang baik.


Dibaca : 1 Pengunjung

Artikel Lainnya

Apycom jQuery Menus